Bahan Ajar Bahasa Inggris Awal Pandemi COVID-19


( Dokumentasi materi pelajaran Bahasa Inggris selama masa lockdown pencegahan Covid-19 di MTsS Darul Faizin Catakgayam Mojowarno Jombang Jawa Timur)

Sejak tanggal  18 Maret 2020 MTs Darul Faizin Catakgayam Mojowarno Jombang  tempat saya mengajar melaksanakan instruksi pemda dan instansi terkait agar melaksanakan pembelajaran dari rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Berikut ini saya dokumentasikan pelajaran yang saya berikan kepada peserta didik saya sesuai dengan amanah SE MENDIKBUD NO 4 Tahun 2020.
_____________________________
Tanggal 18 Maret saya mengajar kelas 7A dan kelas 7B tentang singular and plural noun. Materinya saya sampaikan menggunakan media video dan postingan gambar yang saya shared di WAG kelas masing-masing. Ini link Youtube terkait materi pelajaran
https://youtu.be/BI1Syz9I2n0 . Peserta didik menulis dalam buku catatan.
_______________________________________

Pada tanggal 20 Maret 2020 masih mengajar di kelas yang sama, saya menyajikan materi command dan saya gunakan assessment capaian belajar menggunakan lagu  Justin Bieber https://youtu.be/dXItnsHGO8w  . Peserta didik saya tugasi mengidentifikasi command dalam lagu tersebut.
_________________________________________
Pada 22 Maret saya mengajar kelas 8A-B. Saya sajikan materi "congratulations" mereka menyimak dan menulis penjelasan dari https://youtu.be/FXD-BoLX2jk di buku tulisnya.
_______________________________________

Pada tanggal 28 Maret 2020 siklus mengajar saya di kelas 7A-B. Pada sesi belajar ini saya sampai materi belajar yang berkaitan dengan skill menghadapi Covid-19, dalam hal ini saya sajikan video jenis procedure yang saya ambil dari YouTube https://youtu.be/6qwVOcqK8N8 . Peserta didik saya berikan question untuk mengukur pemahamannya dari informasi video yang saya berikan sebagai berikut
Explain how to wash your hands properly based on the video that you have watched!
                Gambar 1: warga kelas 7 A
______________________________________
Hari berikutnya, tanggal 29 Maret saya mengajar kelas 8A-B materinya sama dengan kelas 7 tapi konten videonya berbeda. https://youtu.be/IsgLivAD2FE
Peserta didik saya berikan question untuk mengukur pemahamannya dari informasi video yang saya berikan petunjuk dan pembuka belajar saya sampaikan dalam bentuk pesan suara dan text berikut ini
Assalamualaikum
Good morning, Students
How are you today? We hope we are fine and always happy
Don't forget praying before we discuss English lesson.
In this section we will discuss about "How to wash your hands".
I will give you the material based on the education minister' s advice that the school should give life skill how to avoid Corona virus disease 19.
After watching this video, please write down your understanding on your note book.
Then, please submit your duty by sending it on my WA
GOOD LUCK
                      Gambar 2 warga kelas 7B
____________________________________

Masih di kelas 8A-B pada keesokan harinya 30 Maret 2020 saya memberikan materi report text yang diformat dalam bentuk video. Saya selalu menyampaikan pelajaran mengambil dari link Youtube dan mungkin aplikasi yang berkonten video lainnya dalam rangka memberi kesempatan kepada peserta didik saya yang menggunakan cara belajar audio untuk memahami informasi dari luar. Berikut ini materi pada tanggal 30 Maret tentang social distancing https://youtu.be/2WCtGFNENYU .
Sebelum link ini saya share di WAG kelas, saya beri petunjuk belajar terlebih dahulu

Assalamualaikum
Good morning, Students
How are you today? We hope we are fine and stay healthy
In this section we will discuss about " social distancing during Covid-19
After watching this video, please write down your understanding on your note book . Based on the video explain by your own words
What does social distancing mean?
Then, please submit your answers by sending it on my WhatsApp.
            Gambar 3 warga kelas 8B
____________________________________
Memasuki bulan April jadwal belajar lebih ringkas. Pada hari yang sama saya bisa mengajar dua kelas sekaligus yaitu kelas 7 dan kelas 8. Mengingat beberapa keluhan peserta didik di beberapa sosial media yang merasa bosan dan capek dengan tugas "belajar dari rumah" yang banyak sekali, maka peserta didik saya beri materi Bahasa Inggris berkonten seni, yaitu lagu barat yang saya ambil dari link YouTube berjudul Bad Liar miliknya Imagine Dragons https://youtu.be/uEDhGX-UTeI
Petunjuk awal dan salam sapa saya sebagai berikut.
Assalamualaikum,
Good morning, Students
In this meeting I always hope you are fine and healthy.
In this section, we will listen to a song the tittle is  Bad Liar by Imagine Dragons.
After listening it, please find out the missing words or phrases those are signed by number 1-5.
I hope you can submit it to my WA fast.
Good luck

Adapun assessmentnya saya copy paste dari google website ( lupa nama websitenya) berupa lirik lagunya berikut.

Fill the missing words or phrases based on the song lyrics that you have listened!

BAD LIAR
 (Imagine Dragons)

Oh, hush, my dear, it's been a difficult year
And terrors don’t prey on (1.................)
Trust me, darling, trust me darling
It’s been a loveless year
I'm a man of three fears:
( 2..............) , (3...............),and crocodile tears
Trust me, darlin', trust me, darlin'

So look me in the eyes ,tell me what you see 
Perfect paradise  tearin' at the seams 
I wish I could escape it , I don't wanna fake it
Wish I could erase it , make your heart believe

But I'm a bad liar, bad liar
Now you know, now you know
I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you’re free to go

Did all my dreams never mean one thing?
Does happiness lie in a (4.............................)?
Oh, I’ve been asking for
Oh, I’ve been asking for problems, problems, problems
I (5..................) my war, on the world inside
I take my gun to the enemy's side
Oh, I've been askin’ for— (Trust me, darlin')
Oh, I've been askin' for (Trust me, darlin') problems, problems, problems

So look me in the eyes , tell me what you see 
Perfect paradise, tearin' at the seams 
I wish I could escape it  I don't wanna fake it
Wish I could erase it , make your heart believe

But I'm a bad liar, bad liar
Now you know, now you know
I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go

I can't breathe, I can't be
I can't be what you want me to be
Believe me, this one time
Believe me

I'm a bad liar, bad liar
Now you know, now you know
I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go

Oh-oh-oh
Please believe me
Please believe me

____________________________________
Hari Sabtu , 11 April 2020, saya sajikan materi procedure text dengan konten materi pelajaran yang paling update yaitu cara pembuatan Dalgona coffee. Ini saya berikan kepada kelas 7 dan 8. Link YouTubenya sama https://youtu.be/hFSiiGR2UHY tapi untuk kelas 7 uji pemahamannya sebagai berikut.


After watching this video, please explain
1. Mention the materials to make dalgona coffee!
2. How long must we whisk the brown frothy cream?

Submit your duty fast to my WA number 081231341035 ( Ms. Astatik).

Adapun kelas 8 berikut ini

After watching this video, please explain :
1. Mention the materials to make dalgona coffee!
2. What is the brown creamy on the top dalgona coffee made?
3. How much sugar is needed to make dalgona?
4. Is dalgona coffee made by cold water?
Submit your duty fast to my WA number 081231341035 ( Ms. Astatik).

  Gambar 4 warga kelas 8A sebagai model kelas dalam penilaian akreditasi 2019 lalu


18 April 2020

Kelas 7A-B 
Materi saya ambil dari " Diary UNICEF"



After watching this video please answer the questions based on the video!

1.What is  Alisa's  nationality?
2. How old is she?
3. Mention her activities during lockdown/ quarantine!

📌This video is adopted from UNICEF's account facebook



English lesson for grade 8 A- B MTs Darul Faizin
April, 18th 2020

After watching this video answer the questions based on the video !

1.How old is Saira?
2.How did she watch bird?
3.Where does she live?
4.Who has taught her harmonica?
5.What does she advice us when there is a Corona virus?


This video is adopted from UNICEF's account facebook


Selama masa belajar dari rumah insya Allah saya dokumentasikan tugas mengajar saya di sini.


Komentar

Postingan Populer