The Show Must Go On ( Repost :Ora Ana Kebo Kabotan Sungu)













"Fida, Mengapa tidak dijaga ayahnya saja anak ini?" Tanya saya kepada murid Paket C yang membawa anaknya dalam kegiatan belajarnya.
"Kasihan, Bu. Ayahnya sudah seharian berkerja". Jawabnya jujur dan bukan mengeluh. Mirip suatu pernyataan hati, bahwa ia sebagai istri mampu bekerjasama dengan suaminya untuk menyelesaikan tahapan hidup yang mereka lalui bersama.

Suatu kali,di tengah kegiatan belajarnya, anaknya yang masih balita ini BAB dipopoknya. Ia keluar kelas, dengan kasih sayangnya ia  ceboki dan ganti popok anaknya ini. Setelah bersih dan rapi, ia kembali ke kelas melanjutkan belajar, dan sempat mempresentasikan hasil diskusi kelas di kelompoknya.

 Afida Yurika nama siswa ini, usianya kurang dari 20 tahun. Di kelas Paket C ini, ia tergolong siswa pandai dan aktif, tidak pernah absen dalam belajarnya. Dalam kondisi hujan, ia dan pamannya yang juga teman sekelasnya di Paket C selalu datang, dan ia tetap membawa buah hatinya ini.

Masih teringat saat ia mendaftarkan dirinya diantar suaminya di tengah hujan deras siang hari, energik sekali cara dia menjaga anaknya dari terpaan guyuran hujan. Melihat pasangan suami istri yang masih muda ini, membuka cakrwala baru bagi saya, "ternyata kedewasaan tidak selamanya diukur dari usia, namun mental yang siap untuk menjalani hidup"

Afida Yurika, siswa Paket C saya ini, saya bangga memiliki dia, sosok siswa yang ingin meningkatkan kwalitas pendidikannya pasca pernikahan dininya, dan ia ternyata siap dengan konsekwensi sebagai orang tua, tidak berpangku tangan dengan bantuan keluarganya, tidak mengeluh dan bisa memahami orang lain ( suaminya) sehingga ia ringan untuk berangkat ke tempat belajar Paket C dengan membawa buah hatinya saat cuaca bagus atau buruk di waktu malam.

Afida Yurika, sosokmu mempresentasikan peribahasa Jawa " Ora ana kebo kabotan sungu". Tidak ada orang tua yang merasa terbebani oleh kesibukan untuk merawat anaknya dalam kondisi apapun, itu makna peribahasa Jawa tersebut.
( Astatik, ketua penyelengara Paket C PKBM BESTARI Jombang)

Komentar

Postingan Populer