Ketrampilan Fungsional Paket B dan C PKBM BESTARI



Pertemuan sore tadi, kami diskusi tentang jual beli online dalam materi pelajaran ketrampilan fungsional.

"Apa beda COD dengan DO ya?" saya melempar tanya ke forum diskusi

"Kalau COD itu bisa janjian di tengah tengah antara tempat tinggal penjual dan pembeli. Sedangkan DO , pembelinya nunggu do rumah. .." ini jawaban Yusuf sang ketua kelas.

"Kalau DO itu biasanya spesifikasi pada makanan" ini pendapat Aisyah yang sudah menjalani bisnis online.

Dari bahasan  DO dan COD , pindah topik ke penjualan sistem dropship dan reseller. Peserta didik yang biasa saya panggil Vero menyajikan tema online ini menjelaskan bisnis online dalam sistem reseller pakaian dan make up. Lagi lagi saya tanya

"Pelaku dropship/ dropshiper itu bayangan saya pasti ndak bisa menyakinkan pembelinya kalau barang yang ditawarkan itu bagus atau tidak..."

"Dropshipernya ya beli contoh barangnya dulu sebelum dijual, Bu. Harus berkorban untuk hal itu" ini jawaban ketua kelas lagi.

"Iya,  namanya mereview barang" timpal Aisyah.

"Oiya, bagaimana mengetahui kalau barang yang dijual itu benar benar original bukan KW karena ada saja barang yang dijual ternyata palsu. Firda bisa jawab?"

Saya tunjuk peserta didik yang pernah presentasi jual beli make up online

"Dilihat ada BPOM nya atau tidak , Bu" Firda itu cantik dan pembawaannya energik, tapi kalau urusan bicara ia malu. Seperti menjelaskan make up yang ori dan KW.

Bahas BPOM, kami tergiring ke masalah proses perizinaan BPOM lalu berlanjut Go Food yang diPHP, packing barang untuk dikirim ke pembeli dan lain lain.

Ada yang mengatakan jual beli online itu tidak capek, ada yang mengatakan yang tidak capek pembelinya, penjual onlinelah yang capek: capek packing, capek kirim barang ke kurir, capek kirim resi ke pembeli.

Dalam hati, saya berdecak kagum kepada mereka, mereka benar benar generasi milenia, paham ini itu yang difasilitasi perkembangan teknologi.


Paket C dan Paket B bisa berdiskusi panjang lebar begini karena ada kesmpatan dan bebas memilih ketrampilan yang mereka tekuni.

Ayooo...sekolah Paket A,B atau C di PKBM BESTARIhttps://m.facebook.com/story/graphql_permalink/?graphql_id=UzpfSTEwMDAwMjkxOTEyMTkyNzoxNjQ4MjcxMjI1MjgwMTY2

Komentar

Postingan Populer