Muridku Kecelakaan Karena Aku, Tapi Orang Tuanya Tetap Menghormatiku

Maraknya berita tentang rendahnya martabat guru di mata orangtua murid dengan ditandai tindakan tuntutan orangtua kepada guru yang telah menghukum anaknya akibat tidak taat aturan, atau tidak sengaja celaka saat jam pelajaran guru yang bersangkutan, mengingatkan saya akan kejadian kecelakaan yang menimpa murid saya enam bulan lalu.

Ketika free time, karena usai kegiatan ujian akhir semester, saya meminta tolong dua murid saya untuk foto copy beberapa lembar dokumen laporan hasil belajar peserta didik.
Beberapa saat setelah mereka pergi ke tempat foto copy, salah satu murid saya berlari ke saya dan gugup " mana Iim?" Saya bertanya penasaran. Dan ia menjawab " Iim kecelakaan, Bu" . Tanpa  pikir panjang saya meninggalkan kantor guru menuju tempat foto copy. Sudah banyak orang di situ, saya lihat kondisi Iim tidak ada yang luka, namun ia tidak bisa jalan. Saya langsung telp sekolah dan pihak sekolah membawanya ke puskesmas sayapun mendampinginya.
Tiba di UGD Puskesmas, tidak berapa lama kemudian ayahnya datang. Saya menjelaskan dan meminta maaf atas latarbelakang anaknya sampai kecelakaan. Ayah tersebut tetap hormat dan menunjukan etika bagus dalam berkomunikasi kepada saya sebagaimana saya mengetahui wali murid yang memiliki rasa ta'dhim yang bagus kepada guru-guru anaknya.
Saya mohon izin meninggalkan Puskesmas kepada orangtua tersebut dan pegawai sekolah yg mendampingi Iim .
Di halaman puskemas saya bertemu kepala madrasah kami. " Bu As, saya balik ke sekolah dulu gih, tadi Jangka saya tinggal, baru masuk sekolah setelah opname, mangke kulo telp u infonya"
Tidak banyak yang kami katakan. Saya balik ke sekolah .....
Singkat cerita, sudah 6 bulan berjalan peristiwa itu berlalu, saya masih di rumah dengan tenang, tidak ada tuntutan dan tekanan dari pihak orang tua , murid saya yang sudah sembuh dari  kecelakaan tersebut juga tetap belajar dan punya tawadhu kepada saya.
Alhamdulillah... saya memiliki murid dan wali murid seperti itu.#
MTs Darul Faizin

Komentar

Postingan Populer