Iklan TV sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris (Bagian I)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Dasar
Pemikiran
Bahasa
adalah salah satu materi pembelajaran yang harus ditekuni dengan metode
pembiasaan. Artinya,bagi yang mempelajari (learner),
ia menjadikan bahasa tersebut sebagai bagian yang selalu ada dalam
kesehariannya, yaitu sebagai alat komunikasinya setiap hari, setidaknya sebagai bagian yang hampir tak pernah alpa
dalam aktivitas sehari-harinya dan
tentunya dilakukan berulang-ulang.
Seperti
halnya Bahasa Inggris, pembelajarannya pun perlu dilakukan dengan pembiasaan,
tidak insidentil atau instant, tapi berulang-ulang, langsung diamalkan dalam
keseharian termasuk juga dipelajari baik secara tekstual dengan mempelajari
materi -materinya terlebih secara kontekstual dengan belajar mengoptimalkan indra dengar, indra lihat, dan bicara.
Pada
fenomena warga belajar Paket B di Kelompok belajar Mansy’ul Ma’arif Catakgayam
Mojowarno Jombang dan bisa dipastikan di kelompok belajr lain, metode belajar
yang tekstual saja jauh dari takaran cukup untuk dapat mengantongi ilmu
berbahasa Inggris, mengingat jumlah jam tatap muka di kelas bersama tutor masih
belum mengfasilitasi mereka untuk mengenal dan tahu banyak minimal standar untuk bisa berbahasa Inggris
baik lisan maupun tulisan. Apalagi bagi warga belajar konvensional yang semasa
sekolah di SD atau MI atau setingkat itu umumnya belum memperoleh pelajaran
Bahasa Inggris, tentu akan jauh lebih sulit dibanding dengan warga belajar
kelompok setara yang sudah mengenal
bahasa Inggris di tingkatan sekolah sebelumnya.
Selain
itu juga waktu mereka umumnya habis untuk kegiatan mencari nafkah dan atau
membantu orang tua mereka bekerja atau memang tipe mereka yang kurang perduli (Care) dengan pembelajaran di kelompok
belajarnya.
Kita
ketahui bersama bahwa kebutuhan warga belajar terhadap materi pembelajaran di
kelompok belajarnya lebih kepada bekal bagaimana mereka dapat mengatasi
masalah-masalah di tengah masyarakat, apa yang mereka pelajari nantinya dapat
ditemui di masyarakat tersebut, tidak hanya materi –materi pembelajaran yang
sudah tercetak dalam modul-modul belajar mereka, tapi mereka seharusnya
mengerti dinamika kehidupan yang cara
pemahamannya memerlukan ilmu, seperti misalnya dinamika dalam pemakaian bahasa,
saat ini banyak istilah dan kata-kata yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga
perlu diberikan materi pembelajaran yang kekinian .
Fenomena
seperti ini tentunya agar segera dapat
dicarikan jalan keluarnya (problem
solving) sehingga warga belajar paket B benar-benar menerima pelajaran
bahasa Inggris secara holistic atau setidaknya mendekati itu
Karena
itu, tawaran metode pembelajaran yang murah dan efektif berusaha ditawarkan dalam karya tulis ini,
yaitu dengan memanfaatkan media tayangan iklan sebagai teman belajar berbahasa
Inggris
B.Identifikasi
Masalah
Paparan
mengenai pemanfaatan tayangan iklan televise sebagai metode dan media
pembelajaran yang efektif dan murah ini akan bepedoman pada identifikasi masalah
berikut ini.
- Mengapa tayangan Iklan televisi dapat menjadi metode sekaligus media pembelajaran yang efektif dan kekinian dalam materi pembelajaran Bahasa Inggris?
- Apa saja yang perlu dilakukan tutor Bahasa Inggris kepada WB agar tayangan iklan di televisi mampu menjadi metode dan media yang efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris?
- Apa manfaat yang diharapkan akan diperoleh WB dari pengamatan iklan di tayangan televisi terhadap hasil belajar mereka?
B. Tujuan
1.
Tujuan
Umum
Tujuan dari penulisan
karya tulis ini adalah:
a.
Sebagai
tawaran untuk dijadikan metode dan media pembelajaran inovatif dan efektif dalam
materi pembelajaran Bahasa Inggris yang kekinian baik oleh tutor maupun
dilaksanakan sendiri oleh WB
b.
Agar
WB Kejar Paket B dapat melaksankan pembelajaran yang menyenangkan, tidak
membosankan, tidak harus memerlukan waktu luang atau waktu khusus untuk
mempelajari Bahasa Inggris.
2.
Tujuan
Khusus
Tujuan dari penulisan
karya tulis ini secara khusus adalah:
a.
Agar
tutor Paket B bidang Bahasa Inggris dapat menjadikan segala hal di
sekelilingnya diantaranya yaitu tayangan iklan televisi dapat dijadikan media
dan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif, sehingga karya tulis ini
dapat memperkaya dan memperluas wawasaan keilmuan akademis tutor dan WB.
b.
Diharapkan
karya tulis ini menghasilkan manfaat praktis. Bahwa tayangan iklan televisi
dapat menjadi teman belajar berbahasa Inggris yang efektif dan murah dalam
belajar menyimak (listening),
menambah kosakata (vocabulary) dan
belajar mengucapkan kata (pronounciation)
atau short dialogue, serta mencoba
menerjemahkannya dengan cara menerka dari adegan yang ditampilkan di televisi
sehingga warga belajar dapat mengikuti dinamika pengetahuan dari tayangan
tersebut.
C. Ruang
Lingkup
Bahasa
Inggris adalah salah satu materi pembelajaran yang cara mempelajarinya melalui
pembiasaan.Di dalamnya membahas berbagai macam kompetensi seperti menyimak( listening), berbicara (speaking), membaca (reading),dan menulis (writing)
. Tentunya, untuk mempelajari hal tersebut perlu metode yang tepat, sehingga
kompetensi -kompetensi tersebut dapat kuasai dengan baik. Dengan pertimbangan
tersebut dalam tulisan ini akan menjelaskan metode pembelajaran dengan
memanfaatkan tayangan iklan televisi berupa argumen-argumen yang mendukung
bahwa tayangan iklan televisi pantas menjadi sumber belajar alternatif yang
efektif dalam mempelajari bahasa Inggris
Dalam
bahasan ini akan ditunjukkan dan dijelaskan gambar dan tulisan tayangan iklan yang
mendukung proses belajar Bahasa Inggris yang efektif dan murah serta mudah
untuk dilaksanakan.
Akhir
dari bahasan tulisan ini akan disebutkan manfaat-manfaat dari pembelajarn yang
diambil dari tayangan iklan televisi
untuk mengfasilitasi kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.
D.
Batasan Istilah
Leaner
|
:
|
Orang yang belajar( Hasan Sadili,
|
Listening
|
Salah satu kompetensi dasar dalam
keahlian menyimak
|
|
Speaking
|
:
|
Salah satu kompetensi dasar dalam keahlian
berbicara
|
Writing
|
:
|
Salah satu kompetensi dasar dalam
keahlian menulis
|
Reading
|
:
|
Salah satu kompetensi dasar dalam
keahlian membaca
|
Prounounciation
|
:
|
Pelafalan kata-kata
|
Vocabulary
|
:
|
kosakata
|
Komentar
Posting Komentar