Iklan sebagai Media &Metode Pembelajaran Bahasa Inggris (Bag III)
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN
A.
Mekanisme
Pelaksanaan Metode Pembelajaran
Ada
beberapa tahap yang dilakukan tutor yaitu:
- Pengamatan terhadap tayangan iklan televisi
Pada
tahap ini tutor mengevaluasi tayangan iklan televisi untuk direkam dalam VCD.(
seperti yang disertakan dalam karya ini) yang memuat iklan menggunakan bahasa
Inggris baik secara lisan maupun tulisan.
- Menentukan jumlah iklan untuk digunakan sebagai metode pembelajaran dari kompetensi dasar yang berbeda- beda. Dalam hal ini ditentukan dua iklan.
- Mempresentasikan iklan tersebut kepada warga belajar saat jam tatap muka.
- tutor mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah berlangsung dengan memberikan soal-soal latihan yang telah disiapkan tutor sebelumnya baik secara lisan maupun tulisan
- Pada kegiatan pembelajaran hari berikutnya tutor cukup memberi tugas warga belajar agar mengamati 2 materi tayang iklan televisi yang telah ditentukan oleh tutor.
- Tutor akan melakukan evaluasi hasil pengamatan warga belajar di rumah seminggu kemudian, atau tergantung kemampuan warga belajar, atau tergantung pada kebutuhan terhadap pembagian materi sesuai tuntutan kurikulum.
B. Sasaran
Dari Pelaksanaan Metode Pembelajaran
Sasaran
dari pelaksanaan metode pembelajaran berbasis hiburan ini adalah warga belajar
Paket B Mansya’ul Ma’arif yang saat ini
berada di kelas VIII.
C. Aspek
Skill / Standar Kompetensi
Aspek
skill / standar kompetensi yang digunakan adalah semua kompetensi dasar bahasa
yaitu kompetensi mendengar, berbicara, membaca dan menulis, namun pada dasarnya
pada metode ini lebih kepada mendukung kompetensi mendengar dan berbicara..
D. Sumber, Alat, dan Media Belajar
Sumber
belajar dari metode ini adalah televisi itu sendiri dan buku-buku yang relevan
dengan metode ini sebagai sumber pendukung. Begitu juga media dari metode ini
adalah televisi itu sendiri.
E.Tempat
Pelaksanaan
Tempat
pelaksanaan ini dibagi dua, yaitu:
1. Ruang kelas
yang sudah tersedia televisi dan CD player untuk penayangan iklan yang sudah
diadopsi dari tayangan iklan langsung.
2. Rumah warga belajar atau
tempat dimana warga belajar melihat televisi, sebagai tempat mereka untuk
menerapkan metode ini dan mengerjakan tugas dari tutor.
F.
Waktu
Pelaksanaan
Waktu
pelaksanaan kegiatan pertama dilakukan di dalam kelas yaitu saat pelajaran
bahasa Inggris, untuk menjelaskan tentang metode ini.
Kegiatan berikutnya dilakukan di rumah
dan di sekolah secara rutin seperti yang telah disebutkan
dalam mekanisme pelaksanaan di atas.
G.
Jadwal
Kegiatan
Jadwal kegiatan dibagi menjadi dua bentuk
yaitu:
1. Kegiatan
yang telah terjadwal seperti pada pembelajaran yang sudah berjalan, yaitu pada
waktu pembelajaran bahasa Inggris di
kelas .
Jadwal Kegitan ada di halaman berikutnya
2. Kegiatan
yang dilakukan di tempat tinggal masing- masing waga belajar, dengan penjadwalan kegiatan di rumah mereka ( contoh
jadwal pada halaman berikut). Dalam perumusan jadwal kegiatan di rumah ini
tetap memperhatikan kebutuhan dan kondisi real warga belajar, artinya, tutor
memberi jadwal berdasarkan hasil musyawarah dengan warga belajar, agar mereka
dapat melakukan pembelajaran di rumah dengan rasa kerelaan, tanpa paksaan dari
totur.
Hal
yang perlu disiapkan untuk belajar di rumah ini akan disebutkan pada table di
halaman berikutnya
Tabel 3.1 Jadwal PembelajaranKejar Paket
B Mansya’ul Ma’arif
Hari
|
Waktu
|
Jam ke-
|
Materi
Pembelajaran
|
Tutor
|
Rabu
|
18.00-18.40
|
1.
|
B. Indonesia
|
Zumrotus. S,
SS
|
18.40-19.20
|
2.
|
B. Indonesia
|
Zumrotus. S,
SS
|
|
19.20- 20.00
|
3.
|
B. Indonesia
|
Zumrotus. S,
SS
|
|
20.00-20.15
|
Istirahat
|
|||
20.15-20.55
|
4.
|
Agama
|
Nurul.J, S.Ag
|
|
20.55-21.35
|
5.
|
Agama
|
Nurul J., S.Ag
|
|
21.35- 22.15
|
6.
|
B. daerah
|
Nurul J., S.Ag
|
|
Jum’at
|
18.00-18.40
|
1.
|
PKn
|
Astatik, S.Ag
|
18.40-19.20
|
2.
|
PKn
|
Astatik, S.Ag
|
|
19.20- 20.00
|
3.
|
IPS
|
Yeni E., SE
|
|
20.00-20.15
|
Istirahat
|
|||
20.15-20.55
|
4.
|
IPS
|
Yeni E., SE
|
|
20.55-21.35
|
5.
|
IPA
|
Afandi, S.Pd
|
|
21.35- 22.15
|
6.
|
IPA
|
Afandi, S.Pd
|
|
Sabtu
|
18.00-18.40
|
1.
|
Ketrampilan
|
Ismi Latifah
|
18.40-19.20
|
2.
|
Ketrampilan
|
Ismi Latifah
|
|
19.20- 20.00
|
3.
|
Ketrampilan
|
Ismi Latifah
|
|
20.00-20.15
|
4.
|
Ketrampilan
|
Ismi Latifah
|
|
Minggu
|
18.00-18.40
|
1.
|
B. Inggris
|
Astatik, S.Ag
|
18.40-19.20
|
2.
|
B. Inggris
|
Astatik, S.Ag
|
|
19.20- 20.00
|
3.
|
B. Inggris
|
Astatik, S.Ag
|
|
20.00-20.15
|
|
Istirahat
|
||
20.15-20.55
|
4.
|
Matematika
|
Nur Lailatul.
Q, S.Pd
|
|
20.55-21.35
|
5.
|
Matematika
|
Nur Lailatul.
Q, S.Pd
|
|
21.35- 22.15
|
6.
|
Matematika
|
Nur Lailatul.
Q, S.Pd
|
Tabel 3.2 Jadwal Pembelajaran di Rumah *)dalam
Menerapkan metode Pembelajaran Berbasis Hiburan
“Memanfaatkan Tayangan Iklan TV”
Hari
|
Waktu
|
Topic/nama produk yang diiklankan
|
Aspek skill
|
Ungkapan/
Kalimat yang dipelajari untuk dihafal dan
dikenal arti dan pola kalimat/frasenya
|
Keterangan
|
Senin
|
( satu Jam)
Sesuai waktu
WB menonton TV
|
1.Pampers
S2. Softener
so klin
|
Mendengar dan
berbicara/menirukan
|
Pharase :
adjective + noun
1.active baby
2.micro perfume
|
WB melaksanakan
kegiatan ini di sela-sela menonton
acara inti TV
|
|
|
1.Pampers
S2. Softener
so klin
|
Membaca dan
menulis
|
||
Selasa
|
( satu Jam)
Sesuai waktu
WB menonton TV
|
11.Promag
2. sampo NR
|
Mendengar dan
berbicara/menirukan
|
How to make sentences :
Using to be or verbs
1.one is enough
2.go to green go to NR
|
WB
melaksanakan kegiatan ini di sela-sela menonton acara inti TV
|
|
|
11.Promag
2. sampo NR
|
Membaca dan
menulis
|
*) jadwal ini
salah satu contoh jadwal untuk WB dan berlaku juga saat tatap muka di kelas
H.Hal-
Hal yang Perlu Disiapkan Warga Belajar
Ketika
mengikuti pembelajaran bahasa Inggris dengan metode ini ada beberapa hal yang
perlu disiapkan oleh warga belajar
Table 3.3 kebutiuhan pembelajaran
No.
|
NamaAlat/
Bahan/Buku
|
Cara
Memperolehnya
|
Digunakan untuk
|
Waktu /Tempat Penggunaannya
|
1.
|
Kamus
bahasa Inggris
|
1.
membeli
|
Alat
Bantu pembelajaran
|
Di
kelas dan di rumah
|
|
|
2.
meminjam dari anggota masyarakat yang bersekolah pada pendidikan formal
|
|
|
|
|
3.
meminjam pada perpustakaan yayasan/penyelenggara
|
|
|
2.
|
TV
|
1.
nonton di rumah
|
Sumber
dan media belajar
|
Di
rumah
|
|
|
2.
nonton di rumah sanak saudara/teman
|
|
|
3.
|
Alat
tulis
|
Dari
penyelenggara
|
1.Mendaftar
kalimat/kata
2.Dijadikan
rujukan setelah mendapat materi dari tutor
|
Di
kelas dan di rumah
|
H. Metode
Pembelajaran di Kelas
Untuk memudahkan tutor
menerapkan metode ini, berikut ini salah satu contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada
kompetensi mendengar dan berbicara
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
a.Standar
Kompetensi
Mendengar
dan berbicara
Memahami dan mengungkapkan makna dalam
teks lisan fungsional dan monolog
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dan memahami dinamika kehidupan
nyata
|
b.Kompetensi
Dasar
1.Merespon
makna yang terdapat dalam teks monolog
pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima untuk berinteraksi dan memahami dinamika kehidupan nyata
2.mengungkapkan makna dalam monolog pendek
sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dan memahami dinamika kehidupan nyata
|
c.Indikator
|
d.Tujuan Pembelajaran
Pada
akhir pelajaran warga belajar dapat
- Merespon informasi dalam teks lisan monolog dalan tayangan iklan TV
- Menentukan ciri kebahasaan dari tayaangan iklan yang ditonton dan didengar
- Menentukan fungsi komunikatif dari teks yang ditonton dan didengar
e. Materi Pembelajaran
Pharase adjective + noun
Iklan pampers dan softener
so klin
f. Metode Pendukung Pembelajaran
Ceramah
Pemutaran rekaman VCD
Kerja kelompok
g. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan
I
1.Kegiatan awal
a.
Appersepsi
: bertanya kepada WB tentang kata sifat
b.
Memberi
motivasi : menunjukkan tayangan iklan TV
tentang adjectives
c.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
2.kegiatan inti
a.
Penjelasan
tutor tentang pharase : adjectives + noun
b.
Menonton
tayangan iklan TV melalui rekaman VCD
c.
Membahas
kosakata dalam teks
d.
Membentuk
kelompok untuk . diskusi membahas pharase yang ditayangkan pada iklan TV.
e.
3.Penutup
a.
diskusi membahas pharase yang ditayangkan pada iklan TV
b.
menyimpulkan materi
Pertemuan
II
1.Kegiatan awal
1. Appersepsi : bertanya kepada WB tentang hasil pengamatannya setelah menonton
tayangan iklan yang berhubungan dengan materi sebelumnya
2. Memberi motivasi : meminta salah satu
WB menyebutkan salah satu tayangan iklan yang berbeda dari yang dikemukakan
tutor namun tetap pada materi yang sama
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.kegiatan inti
1.
Presentasi
per kelompok tentang materi pharase adjective + noun
2.
Penjelasan
tentang materi yang sama pada buku modul
3.Penutup
Menyimpulkan materi
h.Rencana Tindak Lanjut
Memberi tugas untuk
menonton tayangan TV dengan materi sama
namun pada kompetensi membaca dan
menulis menulis
VIII. Alat/bahan/sumber
Alat/bahan : TV
Sumber belajar: - Modul Bahasa Inggris untuk
Paket B
- Kamus bahasa
Inggris
IX. Penilaian
a.
Penilaian
proses dalam kerja kelompok
b.
Penilaian
kinerja berupa hasil kerja kelompok
Tabel 3.4 Kriteria Penilaian
Presentasi Kelompok
Mengungkapkan Tayangan Iklan Pampers
dan Softener So Klin
No.
|
Kelompok
|
Indikator
|
Jmlh skor
|
Keterangan Indikator
Dalam Pensekoran
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
1.Menyatakan kosakata/kalimat
a. sesuai tayangan : 25
b.kurang sesuai : 20
c.
tidak sesuai :10
2.
Pronounciation
a. Tepat : 25
b. Kurang tepat
: 20
c.
Tidak tepat : 10
3.Tata
bahasa
Benar : 25
Kurang benar : 20
Tidak benar : 10
4.Pemahaman
terhadap iklan
Baik : 25
Cukup : 20
Kurang : 10
|
|
|
|
|
|
|
|
REFERENSI
Abdillah Hanafi, Drs., M.Pd. Materi
Teknik Motivasi (Makalah), BPPLSP Regional IV, Surabaya. 2007.
Bambang Yulianto, Dr., M.Pd. Aspek
Kebahasaan dan Pembelajarannya, Unesa University Press, Surabaya. 2008.
Dirjen Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Kurikulum
2004. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 2007.
KATA
PENGANTAR
Program
pendidikan kesetaraan, dalam hal ini Kejar Paket B marupakan salah satu jalur
pendidikan yang berperan aktif dalam upaya meningkatkan kwalitas masyarakat di
bidang pendidikan yang tentunya berimbas di aspek kehidupan lainnya.
Agar
pembelajaran di Kejar Paket B dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka
diperlukan metode dan metode pembelajaran yang menarik bagi WB dan efektif
dalam plaksanaan serta hasilnya. Karena itu, melalui lomba karya tulis ini,
penulis mencoba menawarkan metode pembelajaran bidang studi Bahasa Inggris
dengan media kontekstual tayangan iklan televisi sebagai metode pembelajaran listening dan memperkaya vocabularies yang efektif bagi warga
belajar paket B.
Dengan
selesainya penyusunan karya tulis ini, penulis mengucapkan terima kasih dan
apresiasi yang setinggi-tingginya kepada :
1. Allah
SWT atas limpahan rahmat, nikmat dan izin-Nya untuk menyusun karya tulis ini.
Rahmat, nikmat dan izin tersebut senantiasa penulis harapkan dalam melaksanakan
aktivitas hidup lainnya.
2. Kepala
Dinas Pendidikan Kapubaten Jombang, Kepala Bidang PNFI, Kepala Seksi Dikmas dan
PAUD beserta staff di lingkungan PNFI, Kepala, penilik PNFI dan TLD UPTD
pendidikan Kecamatan Mojowarno atas kepercayaan, motivasi dan dukungan yang
diberikan untuk mengikuti lomba karya tulis Jambore PTK-PNF tahun 2009. Penulis
tetap berharap agar pada event-event lain senantiasa diberi kepercayaan,
motivasi dan dukungan untuk berpartiipasi mengembangkan kegiatan di lingkup PNFI
3. Berbagai
pihak yang telah mendukung secara moril dan materiil demi tersusunnya karya
tulis ini. Teriring do’a semoga
dukungan-dukungan tersebut dicatat Allah SWT sebagai ibadah kepada-Nya.
Tentunya
karya tulis ini belumlah mencapai derajat kualitas, untuk ini perlu adanya kritik dan saran yang konstruktif
dari pemaanfaat karya tulis ini.
Akhirnya,
semoga karya tulis ini bermanfaat bagi perjuangan ikut mencerdaskan kehidupan
bangsa, amin.
Mojowarno, 1 Juni 2009
Penulis
DAFTAR
ISI
Hal
SURAT REKOMENDASI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
A. Dasar
Pemikiran................................................................................. 1
B. Identifikasi
Masalah............................................................................ 2
C. Tujuan................................................................................................. 2
D. Ruang
Lingkup.................................................................................... 3
E. Batasan
Istilah..................................................................................... 4
BAB II
PILKADA SEBAGAI WUJUD DEMOKRASI
DALAM
RANGKA MEMILIH KEPALA DAERAH................................ 5
A. Memahami
Demokrasi....................................................................... 5
B. Pengertian
Pilkada.............................................................................. 6
C. Pentingnya
Pemimpin yang Beriman, Bermoral,
Berilmu,
Terampil dan Demokratis..................................................... 7
BAB III PILKADA JOMBANG TAHUN 2008
SEBAGAI PRAKTEK
BELAJAR
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN WB KEJAR
PAKET
B MANSY’AUL MA’ARIF......................................................... 10
A. Tahapan
Kegiatan............................................................................... 10
B. Praktek
Pendidikan Kewarganegaraan.............................................. 12
BAB IV PILKADA SEBAGAI METODE
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
DALAM
BERDEMOKRASI DAN BERPOLITIK WARGA
BELAJAR
PAKET B MANSYA’UL MA’ARIF ..................................... 22
BAB V PENUTUP................................................................................................ 25
A. Kesimpulan......................................................................................... 25
B. Saran
................................................................................................. 25
REFERENSI......................................................................................................... 27
Komentar
Posting Komentar