Juara 1 Tingkat Kabupaten, Mengulang Sukses 2014



Tepat di tanggal 2 Mei sebagai hari Pendidikan Nasional pendidik kami mengukir prestasi meraih Juara 1 Tingkat Kabupaten dalam ajang lomba cipta APE ( Alat Permainan Edukatif) yang bertema    “BEBEK PINTAR”( menyesuaikan tema pembelajaran Binatang, sub tema jenis binatang). Lomba ini dalam rangka Hari Anak Nasional 2019.

Pagi tadi saat rapat wali murid saya memulai rapat dengan minta bantuan pembacaan surat Alfatiha untuk para bunda guru yang pagi tadi mengikuti lomba cipta APE mewakili HIMPAUDI kecamatan.

"para orang tua semua,  mohon bantuan fatihah untuk guru-gurunya anak-anak kita yang sedang lomba pagi ini.  Saya bingung didoakan agar menang juara 1 atau apa ya? Soalnya kalau menang pasti repot... " ngomong kalimat terakhir saya sambil tertawa.
Lha ndak repot bagaimana, waktu untuk mengajar digunakan untuk persiapan lomba, belum lagi ngramut anak dan suami alias keluarga kecilnya.
"Nggih mpun,  nyuwon bantuan doanya  diberi Gusti Allah yg terbaik".
Tahun 2014 dulu dalam event yang sama Bestari maju sampai propinsi.

Berikut ini saya paparkan karya pendidik kami yang bertema bebek Pintar.

Original ide Bunda Husnul Khotimah. Team cerdas, cekatan,  dan helpful dalam menyelesaikan pembuatan karya dan paparan tertulis Bunda Alfi Maschuriah, Bunda Siti Alfiyah Ali,  Bunda Emy Rohmatul Laili dan Bunda Khoiriyah.




Alat Permainan Edukatif ini digunakan untuk anak dan dimainkan oleh anak. Jadi semua bahan yang digunakan/dipakai tidak berbahaya dan aman untuk anak dan disesuaikan dengan umur.

Pada umumnya anak menyukai dan tertarik pada sesuatu yang menarik, jadi bagi semua pendidik dianjurkan untuk lebih kreatif.

Adapun bahan yang digunakan adalah kardus bekas, kertas emas, kertas origami, kertas koran, lem, sedotan, gunting, bambu, selotip, tusuk sate, rumput mainan. Sederhana sekali ya?  Tidak mahal dan mudah didapat.

Pembuatan APE “BEBEK PINTAR” sebagai berikut.  Buatlah bentuk kepala sampai leher bebek.Lalu siapkan kardus aqua bekas 1 buah untuk badan bebek. Buatlah bagian ekor bebek. Lalu pasang bagian-bagian tersebut.
Setelah kepala dan ekor bebek sudah terpasang , lalu lapisi kertas emas agar menarik perhatian anak-anak. Berilah lubang bagian atas punggung bebek dan bagian bawah bebek, lalu berilah bambu dengan ujung kanan dan kiri yang berlubang agar bisa digunakan untuk memasukkan bola-bola kecil yang seakan-akan bebek tersebut bisa bertelur .
Bagian badan bebek yang kanan dan kiri diberi permainan. Bagian kanan diberi tempelan huruf dan bagian kiri ditempeli angka. Lalu buatlah bendera huruf dan angka.
Untuk bagian depan ditempeli bentuk geometri ada bagian belakang/ekor bebek ditempeli jenis-jenis binatang.


Kegiatan ini memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi membangun pengalaman bermain yang bermakna dengan menerapkan pendekatan saintifik yakni mengamati (media yang berbentuk bebek);  menanya( apa nama gambar tersebut); mengumpulkan i nformas (guru memberi dukungan dengan cara bercerita), menalar (anak menggunakan media dengan melihat media bentuk bebek yang  mencakup gambar hewan,angka dan huruf dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain )

Adapun cara memainkannya yaitu anak bekerjasama dengan temannnya untuk meremas kertas hingga membentuk bola-bola kecil dimasukkan pada bagian punggung bebek yang berlubang secara bergiliran.
Menempelkan gambar binatang pada ekor bebek untuk mengenalkan jenis-jenis binatang pada anak.
Anak menancapkan huruf dan angka di punggung bebek, hal ini bisa dilakukan ketika hendak masuk kelas maupun pulang secara bergiliran.
Anak menempel bentuk geometri.

Aspek perkembangan yang bisa diterapkan antara lain nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik, dan seni.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer