Catatan Tentang Hari Anak

.

HARI ANAK

Ada 2 tanggal yang diperingati sebagai Hari Anak sedunia.

Pertama, tanggal 1 Juni sebagai HARI ANAK INTERNASIONAL. Peringatan 1 Juni ini ditetapkan dalam Konvensi International Women Democratic Federation di Moskow, 1949.  Untuk pertama kalinya, 51 negara memperingati Hari Anak Internasional tersebut pada tahun 1950. Penetapan hari anak merupakan bagian dari upaya Perlindungan anak terhadap kelangsungan hidup, kesehatan, pendidikan dan peningkatan kehidupan.

Kedua, tanggal 20 November sebagai HARI ANAK UNIVERSAL. Tanggal peringatan ini dikaitkan dengan pengesahan Deklarasi Hak Anak oleh oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa pada tanggal 20 November 1959 dan diadopsinya Konvensi Hak Anak (KHA) melalui resolusi PBB nomor 44/25, pada tanggal 20 November 1989.

Bagaimana dengan Hari Anak di Indonesia?

Hari Anak Nasional di Indonesia diperingati berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 Tahun 1984, tanggal 19 Juli 1984. Saat itu, Presiden RI adalah Soeharto. Peringatan Hari Anak Nasional pertama kali pada 23 Juli 1984. Jika disimak catatan sejarah yang bisa dijadikan latar belakang peristiwa ditetapkannya tanggal 23 Juli, maka tak akan ditemukan peristiwa sejarah yang relevan sebagai pendukung Keppres Hari Anak tersebut. Satu-satunya informasi yaitu bahwa pada tanggal 23 Juli 1953, di Solo, lahir Bambang Trihatmodjo yang merupakan putra dari Soeharto (Presiden RI saat ditetapkannya Hari Anak Nasional) dan Siti Hartinah (ibu Negara saat itu).

Ada catatan lain yang terjadi setelah tahun 1984 pada tanggal tersebut, yaitu terjadi pada tahun 2001. Sebenarnya tidak ada kaitannya dengan anak, tetapi kebetulan tanggalnya sama.

Pada tanggal 23 Juli 2001, dalam Sidang Istimewa Majelis Permusyawaratan Rakyat, KH Abdurrahman Wahid yang diangkat sebagai Presiden RI ke-4 dalam Sidang Umum MPR tahun 1999, dicabut mandatnya. Dalam sidang itu, Megawati Soekarnoputri yang menjabat sebagai Wakil Presiden, diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-5.

Inilah Catatan Peristiwa 23 Juli

1952 - Kudeta militer pimpinan Gamal Abdel Nasser memaksa Raja Farouk dari Mesir untuk turun takhta.

1995 - Komet Hale-Bopp ditemukan oleh dua pengamat independen, Alan Hale dan Thomas Bopp, pada jarak yang sangat jauh dari Matahari.

1998 - Pendirian Partai Kebangkitan Bangsa.

2001 - Megawati Soekarnoputri dilantik sebagai Presiden Indonesia ke-5 menggantikan Abdurrahman Wahid.

2011 - Pendirian Blink dan Coboy Junior, girlband dan boyband remaja Indonesia.

.

Komentar

Postingan Populer